Aplikasi Remote Tanpa Infrared
unsplash.com

Rekomendasi 10 Aplikasi Remote Tanpa Infrared Terbaik

Aplikasi remote tanpa infrared berikut ini bisa menjadi solusi saat remote TV di rumah hilang atau rusak sehingga tidak bisa digunakan. Televisi adalah salah satu alat elektronik yang pastinya dimiliki oleh sebagian besar rumah orang-orang. Hal tersebut karena TV merupakan salah satu sarana hiburan yang paling sering digunakan saat bersantai di rumah, apalagi saat malam hari.

TV akan menayangkan berbagai program acara dari masing-masing channel yang ada di dalamnya. Channel televisi memang ada banyak pilihannya misalnya SCTV, Trans TV, MNC TV, Indosiar, TVRI, RCTI dan masih banyak lagi. Acara atau program yang ditayangkan oleh masing-masing channel juga beragam. Misalnya menayangkan sinetron, bioskop, kartun, berita, reality show, variety show, dan lain sebagainya.

Dengan banyaknya channel dan acara televisi tersebut maka penonton dirumah bisa berpindah-pindah channel untuk menyaksikan berbagai acara. Dalam memindahkan channel tersebut juga menggunakan alat yaitu remote. Remote merupakan salah satu komponen televisi yang keberadaannya sangat penting. Meskipun bentuknya yang kecil namun benda ini harus selalu dijaga, jangan sampai hilang ataupun rusak. Hal tersebut karena remot menjadi alat utama untuk mengoperasikan televisi.

Aplikasi Remote Tanpa Infrared
unsplash.com

Rekomendasi Aplikasi Remote Tanpa Infrared

Tanpa remote maka Anda tidak akan bisa mengoperasikan televisi dengan sempurna. Sebelum membahas aplikasi remote tanpa infrared, remote sendiri memiliki berbagai fungsi, diantaranya seperti:

Memindahkan dari Channel Satu ke Channel Lainnya

Fungsi remote yang pertama yaitu untuk memindahkan tayangan dari satu channel ke channel lainnya. Misalnya jika Anda sedang menyaksikan tayangan SCTV, maka dengan remote Anda bisa berpindah ke channel Trans TV atau channel lainnya. Dengan begini maka Anda tidak akan merasa bosan karena hanya melihat satu channel saja. Anda pun bisa melihat berbagai acara TV di berbagai channel.

Mengatur Volume

Selain menampilkan gambar, tentunya televisi juga mengeluarkan suara sehingga membuat aktivitas menonton televisi menjadi lebih seru dan menyenangkan. Nah, suara televisi ini bisa Anda atur volumenya sesuai dengan keinginan. Bisa diperbesar maupun diperkecil sesuai dengan situasi dan kondisi.

Misal jika Anda sedang menonton TV dalam keadaan hujan dan suara TV tidak terdengar maka Anda bisa membesarkan volumenya menggunakan remote. Kemudian misal saat tengah malam yang mana anggota keluarga lain sudah tertidur dan Anda masih menonton TV, maka Anda juga bisa mengecilkan volumenya.

Pengaturan Lainnya

Televisi mungkin kadang membutuhkan pengaturan tertentu yang menggunakan remote. Dengan begitu maka jika tidak ada remote maka pengaturan tersebut tidak bisa dijalankan.

Itulah beberapa fungsi dari remote untuk televisi, setelah membacanya tentunya Anda tahu seberapa pentingnya remote. Namun, terkadang mungkin Anda mengalami masalah sehingga remote tidak bisa digunakan. Akibatnya pun Anda tidak bisa menggunakan televisi dengan maksimal. Hal ini pun tentunya akan memaksa Anda untuk membeli remote pengganti dan mengeluarkan sejumlah uang.

Sebenarnya ada cara lain yang bisa Anda lakukan selain membeli remot baru. Caranya yaitu dengan menggunakan aplikasi remote tanpa infrared. Artinya untuk memasang aplikasi ini pengguna tidak memerlukan ponsel yang ada sensornya. Nah, jika Anda sedang membutuhkan aplikasi remote TV tersebut, berikut adalah beberapa aplikasinya yang bisa Anda gunakan:

1. Google Home

Aplikasi remote tanpa infrared yang pertama yaitu Google Home. Anda bisa mengunduhnya di ponsel dan menggunakannya untuk mengoperasikan televisi. Mulai dari mengganti channel, mengatur volume dan lain-lain. Menariknya aplikasi ini bukan hanya bisa digunakan untuk TV saja, namun juga untuk mengatur berbagai aktivitas di rumah, misalnya menghidupkan dan mematikan lampu, menyalakan musik dan lain sebagainya. Google Home juga memiliki tampilan yang bagus dan menarik sehingga tidak akan membuat bosan penggunanya.

2. Smart IR Remote

Aplikasi remote tanpa infrared selanjutnya ini bisa Anda gunakan dengan melakukan pembayaran terlebih dahulu. Meskipun begitu aplikasi ini tentunya memiliki berbagai kelebihan tersendiri. Anda bisa menggunakannya untuk mengoperasikan TV dan juga alat elektronik lainnya seperti AC, DSLR, dan masih banyak lagi. Bahkan aplikasi ini juga memiliki tombol khusus untuk mengakses Hulu, Netflix, dan Kodi untuk beberapa merek TV.

3. Mi Remote Controller

Aplikasi remote tanpa infrared ini sudah banyak diunduh di Play Store bahkan hingga lebih dari 50 juta kali. Hal tersebut pun membuktikan betapa bergunanya aplikasi ini. Mi Remote Controller juga bisa dipasang untuk berbagai ponsel misal Redmi, Samsung, dan merk lainnya. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengoperasikan TV, mengontrol AC dan fungsi lainnya.

4. Android TV Remote Control

Aplikasi dari Google LLC ini bisa Anda gunakan melalui HP maupun tablet. Dengan remote ini maka Anda bisa mengatur TV dengan lebih mudah. Mulai dari memindah channel, mengatur volume, dan lain sebagainya.

5. ROKU

Aplikasi remote tanpa infrared ROKU bisa memungkinkan Anda untuk mengontrol hampir semua hal yang bisa dilakukan menggunakan remote asli. Menariknya aplikasi satu ini juga dilengkapi dengan berbagai tombol seperti navigasi, rewind, play atau pause dan juga fast forward.

6. Remote Control For All TV & Smart TV

Untuk Anda yang menggunakan merk TV Samsung, LG, Panasonic, FUJITSU, TOSHIBA, PHILIPS, SONY dan SHARP maka aplikasi ini bisa menjadi solusi terbaik untuk menggantikan remotenya. Fitur yang tersedia cukup lengkap mulai dari fitur mengatur volume, tombol on off, mengganti channel TV, dan lain sebagainya.

7. SURE

Aplikasi remote tanpa infrared ini menawarkan fitur yang lengkap dan menarik layaknya berbagai aplikasi remote lainnya. Menariknya aplikasi ini juga bisa Anda gunakan untuk mengontrol media seperti foto atau lagu dengan menghubungkan HP dengan TV.

8. Easy Universal Remote

Aplikasi ini sangat kompatibel untuk beberapa merk smart TV seperti LG, Sony, Samsung, dan Panasonic. Cara menggunakannya pun mudah, Anda hanya perlu masuk ke menu Pengaturan Telepon lalu pilih port IR dan pilih merk TV yang Anda gunakan. Selesai, Anda pun bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengontrol TV.

9. Unified Remote Full

Aplikasi remote tanpa infrared ini memiliki banyak fitur yang menarik, mulai dari Android Wear, perintah suara, NFC dan masih banyak lagi. Menariknya, aplikasi remote ini juga memuat berbagai dukungan program seperti mouse dan keyboard, pemutar media, monitoring layar, kontrol daya dan masih banyak lagi.

10. Universal TV Remote

Aplikasi ini bisa digunakan untuk perangkat Android secara gratis. Universal TV Remote memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan sehingga tak heran jika banyak orang yang menggunakannya. Namun aplikasi ini juga memiliki kekurangan yaitu sedikit sulit untuk mengatur volumenya. Meskipun begitu aplikasi ini masih termasuk aplikasi yang terbaik untuk Anda coba.

Itulah beberapa aplikasi remote tanpa infrared yang bisa Anda gunakan untuk menggantikan remot asli TV yang tidak bisa digunakan. Dengan aplikasi ini maka Anda bisa mengoperasikan TV dengan simple, dan mudah tanpa perlu membeli remote baru.

Check Also

Cara Menggunakan Aplikasi Bibit

Ini Dia 8 Cara Menggunakan Aplikasi Bibit untuk Investasi

Cara menggunakan aplikasi Bibit sebenarnya mudah bagi yang sudah mengerti. Namun, bagi yang belum paham …