Aplikasi Perpustakaan Sekolah
Aplikasi Perpustakaan Sekolah : figmaelements.com

Aplikasi Perpustakaan Sekolah Full Gratis

Aplikasi Perpustakaan Sekolah Full Gratis – Setiap sekolah di Indonesia pasti sudah memiliki perpustakaan, baik itu tingkat SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi. Adanya perpustakaan sendiri pada dasarnya agar para siswa atau mahasiswa dapat mencari ilmu dengan cara membaca.

Selain itu, saat ini semua sekolah wajib memiliki perpustakaan. Hal ini dikarenakan dengan adanya perpustakaan sekolah yang berstandar nasional, maka perpustakaan tersebut akan dinilai baik pada saat akreditasi.

Nah, karena berbicara tentang perpustakaan sekolah. Maka mikrofile.com akan menuliskan tentang aplikasi perpustakaan sekolah full gratis. Judul ini sengaja ditulis karena saat ini perkembangan IT yang sudah berkembang pesat, sehinga membuat sekolahanpun mengikuti perkembangan zaman.

Aplikasi Perpustakaan Sekolah Gratis

Untuk aplikasi perpustakaan pada dasarnya banyak, namun ada beberapa saja yan akan mikrofile.com tuliskan. Berikut beberapa aplikasi perpustakaan gratis.

1) Aplikasi Perpustakaan SLIMS

Aplikasi SLIMS ini merupakan salah satu aplikasi perpus berbasis web. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis, selain itu bahasa dalam aplikasi ini cukup banyak mulai dari Inggris, Arab, Persia, Braxzil, Rusia, Turki, Purtugis, Jepang, Melayu dll ).

Kelebihan Aplikasi SLIMS

  1. Tampilan menu lengkap
  2. Fitur dalam aplikasi cukup menarik sehingga tidak membosankan
  3. Terdapat menu bibliografi
  4. Untuk mencari buku atau entri buku mudah
  5. Sudah tersedia menu ekstemplar yang sudah dipinjam
  6. Sudah terdapat menu cetak kartu anggota
  7. Terdapat label pada buku untuk memudahkan peminjaman

Aplikasi ini sudah berbasis website anda bisa mengakses melalui halaman web https://perpus.nsp.web.id/. Setelah anda membuka web tersebut anda bisa mencoba masuk ke dalam aplikasi tersebut.

Biasanya anda harus membuat akun terlebih dahulu. Jika sudah untuk login anda bisa menggunakan username : admin dan untuk pasword : 1234

2) Aplikasi Perpustakaan Sekolah BiblioteQ

Aplikasi selanjutnya yaitu aplikasi perpustakaan BiblioteQ, aplikasi ini cukup menarik untuk anda kunjungi. Sama seperti aplikasi lainnya, aplikasi bilblioteQ juga memiliki banyak kelebihan diantaranya yaitu

  1. Tampilan aplikasi menarik
  2. Aplikasi bilblietoQ dapat anda gunakan untuk mengelola buku, jurnal, foto, DVD, CD, dan lainnya
  3. Aplikasi dapat dimodifikasi sesuai keinginan anda
  4. Sudah terdapat berbagai jenis buku
  5. Sudah terdapat menu isian nomor ISBN atau ISSN

3) Aplikasi Calibre eBook Management

Untuk aplikasi ini merupakan aplikasi lebih merujuk pada administrasi perpustakaan. Jadi untuk aplikasi ini anda sendiri bisa mengelola sendiri, artinya anda bisa membuat ebook lalu diarsipkan ke dala aplikasi.

Format pada aplikasi ini sudah berisi berbagai jenis aplikasi pendukung seperti pdf, HTML, Word procecor, MOBI, LIT, EPUB, TEXT dan comin=cs.

4) Aplikasi Perpustakaan BILBLIO

Aplikasi perpustakaan ini sangat sederhana untuk tingkat fitur di dalamnya. Dengan aplikasi BILBLIO anda bisa melakukan peminjaman buku yang ada pada aplikasi.

Selain itu anda juga menambahkan berbagai fitur lainnya seperti DVE, CD, Video, Majalah. Dengan aplikasi Perpustakaan Sekolah ini setiap anggota perpustakaan harus memasukkan nomor indeks, nomor detail katalog dan isian lainnya jika anda masukkan.

5) Aplikasi School Libarary System

Sama seperti aplikasi di atas, aplikasi ini juga salah satu aplikasi perpustakaan gratis. Untuk mendapatkan aplikasi ini anda dapat mencari file downloadnya lalu anda instal pada PC atau Komputer.

Setelah memiliki aplikasi school library anda bisa lengsung masuk aplikasi dengan memasukkan user name : administrasi dan untuk passwornya : admin

Selain aplikasi perpustakaan di atas, tentu ada beberapa aplikasi lainnya yang bisa anda gunakan. Untuk aplikasi gratis lainnya seperti:

  • My Book Library
  • Library Sistem

6) Book Treaker Collector’s Edition

Aplikasi Perpustakaan Sekolah selanjutnya adalah Book Tracker Collector’s Edition.  Suatu aplikasi sederhana yang dapat bermanfaat untuk mengelola perpustakaan pribadi Anda. Tentunya aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis.

Secara mudah Anda dapat menambahkan buku dengan detail seperti kategori, judul, penulis, lokasi, ulasan, dan tebal buku.

Bahkan untuk sekedar menambahkan detail ISBN, edisi, nilai, tanggal cetak, tanggal terbit, kondisi, penerbit, rating, dan informasi custom lain.

Apabila ada buku yang sedang dipinjam anggota, maka Anda masih berkesempatan menambahkan pada aplikasi beserta tanggalnya.

Bahkan aplikasi Perpustakaan Sekolah ini juga lengkap dengan fitur pelaporan yang dapat di custom berdasarkan berbagai paramater.

Contohnya saja ISBN, penulis, judul, kategori, lokasi, edisi, tanggal cetak, tanggal peminjaman dan pengembalian. Selanjutnya Anda dapat menyimpan data sebagai file CSV dan mengimpornya dari file CSV.

7) Booktome

Disini BookTome menjadi aplikasi sederhana yang digunakan sebagai aplikasi manajemen perpustakaan secara gratis. Sementara untuk fitur terbaik pada aplikasi, Anda dapat menambahkan buku-buku pada perpustakaan.

Selain itu berupa detail lengkap dari buku tersebut dapat diunduh dari Amazon. Begitu juga dengan buku-bukunya yang dapat ditambahkan langsung dari Amazon. Sehingga Anda dapat melakukan pencarian buku via ISBN, penulis/judul, atau via kata kunci.

Untuk detail lain buku juga bisa ditambahkan. Mulai dari judul, penulis, id buku, serial, penerbit, ISBN, jilid, halaman, tahun, detail pembelian, dan detail perekaman. Yakni saatt menspesifikasikan lokasi, kategori, status bacaan, dan rating.

Selain itu dengan aplikasi Perpustakaan Sekolah dapat melakukan pencarian gambar via Google Image Search. Apalagi menambahkan eBook, menspesifikasikan lokasi eBook, menambahkan deskripsi buku, menambahkan tags, dan memelihara catatan histori.

Cara lain juga dapat menambahkan buku tertentu pada wish list. Namun detail buku dapat diedit atau dihapus kapanpun. Selanjutnya Anda dapat melihat daftar semua buku, buku yang dipesan, buku yang tersedia, buku yang pending, dan penulis yang tidak aktif.

Sisi lain dapat browsing buku berdasarkan penulis, serial, dan kategori. Apalagi mencari buku dan melihat status buku saat ini. Karena buku yang ditampilkan dapat berstatus sedang dibaca orang lain, baru dibaca, sudah dibaca, dan belum dibaca.

Nah, di atas merupakan aplikasi perpustakaan gratis. Untuk pemilihan aplikasi dapat anda pilih sesuai dengan pilihan anda.

Keuntungan Memiliki Aplikasi Perpustakaan Sekolah

Ada beberpa keuntungannya jika anda memiliki aplikasi perpustakaan yaitu

Bisa melakukan peminjaman buku dengan mudah
Administrasi perpustakaan akan terlihat teratur
Bisa dilakukan secara online dan offlin ergantung jenis aplikasinya
Bisa melakukan peminjaman buku kapan saja jika aplikasi sudah berbasis online
Bagi pengelola perpustakaan dapat mengelola sendiri aplikasi sesuai keinginan

Kesimpulan

Aplikasi perpustakaan sekolah saat ini sudah menjadi salah satu aplikasi yang harus ada disekolahan. Jika sekolah sudah terdapat aplikasi perpus maka, pada saat akreditasi sekolah akan menjadi nilai lebih bagi sekolahan. Untuk mendapatkan aplikasi perpustakaan bisa anda download lalu instal secara gratis. Oke semoga bermanfaat

Tentang Abbox