5 Rekomendasi Aplikasi Musik Online untuk Laptop dan Ponsel!
pixabay.com

5 Rekomendasi Aplikasi Musik Online untuk Laptop dan Ponsel!

Dengan majunya teknologi pada era sekarang banyak kebutuhan yang bisa terpenuhi dengan mudah. Nah, salah satunya adalah ponsel dan juga laptop. Semua kebutuhan termudahkan dengan adanya laptop dan ponsel. Nah, salah satu hal yang paling digemari dengan penggunaan elektronik ini adalah menyetel dan mendengarkan musik. Ada beberapa aplikasi musik online yang bisa menjadi alternatif kamu. Agar lebih mudah mendengarkan musik dari laptop atau ponsel.

Musik menjadi hal yang wajib dalam kegiatan yang dapat menemani kamu. Kamu bisa belajar, membereskan kamar, bahkan saat memasak ditemani oleh musik. Terkadang akan merepotkan jika harus mendownload dahulu untuk mendengarkan musik. Maka, alternatifnya kamu bisa menggunakan aplikasi musik online yang dapat kamu temukan dengan mudah.

5 Rekomendasi Aplikasi Musik Online untuk Laptop dan Ponsel!
pixabay.com

5 Rekomendasi Aplikasi Musik Online untuk Laptop dan Ponsel!

Aplikasi musik online memiliki banyak penggemar. Selain karena memang banyak yang menyukai musik, hal ini tentu menjadi kesenangan sendiri bagi beberapa orang. Hal ini pun menjadi tidak merepotkan dan praktis karena hanya memerlukan kuota. Kamu pun tidak akan terbebani dengan memori. Karena kamu hanya akan dikenakan memori aplikasinya.

Berbeda lagi jika menggunakan alat pemutar musik bawaan, kamu tentu harus memiliki beberapa lagu favorit terlebih dahulu. Sangat ribet jika harus mendownloadnya dulu. Terlebih lagi saat ini trend mendengarkan musik secara online memang sedang booming di Indonesia.

Bahkan trend ini menjelajahi ke semua kalangan, mulai dari anak-anak muda sampai dengan orang tua. Karena musik yang kita dengar adalah lagu-lagu yang terbaru saat ini. Tapi, kita juga bisa mendengarkan musik-musik lawas dengan penyanyi aslinya di aplikasi musik online.

Kenapa Harus Pakai Aplikasi Pemutar Online?

Jika dulu kita hanya bisa mendengarkan lagu favorit melalui file MP3 yang dimasukkan ke dalam ponsel. Sekarang kita tidak perlu lagi repot mengunduh lagu-lagu.  Kita dengan mudah mendengarkan lagu favorit secara online, dimana saja dan kapan saja. Bahkan beberapa aplikasi musik online ini menawarkan streaming musik secara gratis.

Terlebih lagi banyak pilihan lagu yang bisa kamu dapatkan. Mereka juga menyajikan berbagai genre dari tahun ke tahun. Tidak perlu khawatir, mereka juga menyediakan lagu lawas yang bisa memanjakan pendengaran kamu.

Rekomendasi Aplikasi Musik Online untuk Laptop dan Ponsel 

Nah, dibawah ini ada beberapa rekomendasi aplikasi musik online yang wajib kamu coba.

Spotify Music

Di deretan pertama aplikasi musik terbaik adalah Spotify. Spotify adalah salah satu aplikasi musik terbesar yang menyediakan berbagai musik dari berbagai zaman, artis, genre, apapun yang bisa kamu dengarkan. Aplikasi ini bisa kamu download di smartphone maupun laptop kamu.

Aplikasi ini merupakan aplikasi pemutar musik yang sudah terkenal di beberapa negara. Aplikasi ini sudah rilis sejak tahun 2016. Walaupun sudah terbentuk sejak lama, aplikasi ini selalu up to date dan tidak ketinggalan jaman.

Jika kamu mendaftar menjadi anggota premium. Kamu akan mendapatkan fasilitas ekstra yang tidak diberikan kepada pengguna gratis. Aplikasi ini pun menyediakan versi Lite yang lebih ringan dan lebih hemat data.

Kelebihan dari Spotify ini adalah memiliki pilihan lagu yang terlengkap dibandingkan aplikasi lain. User interface yang digunakan pun sederhana dan sangat mudah digunakan. Algoritma yang memberikan rekomendasi kepada pengguna bagus. Namun, selain memiliki kelebihan seperti yang diatas, aplikasi ini juga memiliki kekurangan.

Kekurangannya yaitu kamu tidak dapat mendengarkan musiknya secara offline. Pada versi gratis pun memiliki banyak ikan dan terlalu banyak tahapan untuk mengakses versi premium.

JOOX Music

Rekomendasi aplikasi yang kedua adalah JOOX Music. Aplikasi ini tentunya tidak kalah dengan aplikasi music online sebelumnya. Bahkan di Google Play Store, aplikasi ini sudah di unduh lebih dari 5 juta kali. Kamu bisa mendengarkan lagu secara online tanpa perlu mendownloadnya.

Fitur yang disediakan pun menarik, Seperti, adanya lirik yang tersedia di setiap lagu. Kamu pun bisa mengakses berbagai playlist dengan pilihan lagu yang unik sesuai dengan selera kamu. Kamu akan mendapatkan fitur radio, rekomendasi playlist, hingga berkaraoke. Bahkan juga bisa menonton video musik melalui aplikasi ini.

Kamu bisa mendengarkan lagu ini secara offline dengan mendownloadnya secara langsung di aplikasi. Namun, dari fitur diatas menyebabkan aplikasi ini membutuhkan memori internal yang cukup besar. Pengaturan equaliser pun kurang memuaskan. Fitur share pun masih kurang bagus.

Namun jangan khawatir, tampilan dari aplikasi ini sederhana dan mudah dipahami. Memiliki koleksi lagu yang cukup lengkap juga. Kamu juga bisa mendownload aplikasi ini di ponsel maupun laptop.

Musixmatch

Aplikasi selanjutnya adalah Musixmatch. Aplikasi yang satu ini sering mempromosikan dirinya sebagai aplikasi yang mampu menampilkan lirik dari semua lagu. Musixmatch mampu menampilkan lirik baik dari lagu yang tersimpan di perangkat kamu ataupun layanan streaming seperti Spotify.

Kalau kamu gemar bernyanyi, aplikasi ini tepat untuk kamu. Musixmatch memiliki fitur bernama Floating Lyrics. Fitur ini akan menampilkan lirik secara mengambang ketika kamu membuka aplikasi lain. Bahkan kamu bisa mengidentifikasi lagu menggunakan aplikasi ini.

Fitur-fitur ini yang menarik pengguna untuk menggunakan aplikasi Musixmatch. Kamu bisa mendownload aplikasi ini tanpa biaya di Google Play Store. Kamu juga bisa mendownloadnya di laptop dan ponsel.

Kelebihan dari menggunakan aplikasi ini adalah dapat mendeteksi lagu menggunakan mic. Namun, kekurangannya Floating Lyrics ini terkadang mengganggu. Terkadang juga aplikasi ini menampilkan lirik lagu yang salah jika judulnya sama.

SoundCloud

Untuk kamu yang sering bikin atau dengerin cover lagu pasti tidak asing dengan aplikasi yang satu ini. Kamu juga bisa menikmati lagu-lagu lainya secara online. Bahkan kamu bisa menemukan lagu baru yang sedang tren. Tidak hanya musik, kamu juga bisa mendengarkan podcast, berita terkini, hingga komedi.

Kalau kamu memiliki cita-cita menjadi penyanyi cover, aplikasi ini bisa menjadi pilihan kamu. Kamu bisa merekam suara dan bahkan membagikannya ke media sosial seperti Twitter dan Facebook.

Aplikasi ini mempunyai kelebihan yang sudah disebutkan diatas. Walaupun sinyal sedang jelek, aplikasi ini masih mampu memperdengarkan lagu. Namun, untuk login aplikasi ini termasuk susah dan aplikasinya kerap keluar sendiri.

Aplikasi ini pun susah untuk mengintegrasikan dengan layanan lain seperti Gmail dan Facebook. Tapi tidak perlu khawatir, aplikasi inipun tersedia di laptop dan juga ponsel.

YouTube Music

Deretan terakhir aplikasi music online adalah YouTube Music. Aplikasi ini memiliki koleksi lagu cukup lengkap dan terlihat menjanjikan. YouTube Music memiliki paket premium yang menjadi paket hemat yang menyenangkan. Namun aplikasi versi gratisnya tidak bisa memainkan lagu melalui latar belakang jika belum berlangganan versi premium.

Itulah ulasan tentang beberapa aplikasi musik online yang bisa digunakan pada laptop juga ponsel. Kamu bisa mendownloadnya secara gratis. Kamu bisa memilih beberapa akses yang diberikan oleh aplikasi-aplikasi yang sudah disebutkan diatas. Setiap aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kamu bisa memilih aplikasi yang sesuai dengan kemauan dan selera. Dengan begitu kamu bisa menikmati musik untuk menemani aktivitas sehari-hari. Selamat mencoba!

 

Check Also

Aplikasi Musik Offline

10+ Aplikasi Musik Offline, yang Bisa Kamu Coba Gunakan

Sebagian besar orang memiliki hobi mendengarkan musik. Selain sebagai sebuah hiburan, mendengarkan musik juga membuat …