Aplikasi Kompres PDF untuk Smartphone dan PC Gratis!
Ilustrasi Aplikasi Kompres PDF. Foto: Ist/Net

9 Aplikasi Kompres PDF untuk Smartphone dan PC Gratis!

PDF merupakan salah satu format yang cukup populer untuk membagikan dokumen. Sayangnya terkadang dokumen PDF menjadi lebih besar. Hal itu menjadi kendala karena memakan banyak ruang. Nah, untuk itu Anda membutuhkan aplikasi kompres PDF.

Terkadang file PDF bisa memiliki ukuran hingga lebih dari 10MB. Hal itu sebenarnya tidak masalah jika hanya Anda simpan di dalam perangkat. Namun, jika PDF tersebut akan dikirimkan, maka akan sedikit sulit.

Email sebagai platform berbagi dokumen paling besar membatasi pengiriman file agar tidak lebih dari 10MB. Oleh karena itu, satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah mengkompres ukuran PDF menjadi lebih kecil dengan aplikasi di bawah ini.

Aplikasi Kompres PDF untuk Smartphone dan PC Gratis!
Ilustrasi Aplikasi Kompres PDF. Foto: Ist/Net

Aplikasi Kompres PDF Gratis untuk Anda!

Ketika ingin berbagi file PDF, biasanya terkendala oleh besar filenya. PDF memang terkenal sebagai jenis file yang memiliki ukuran besar.

Hal itu tentu menjadi masalah karena menghambat aktivitas pengiriman dan menurunkan tingkat produktivitas. Masih banyak yang belum tahu, tetapi sebenarnya file PDF bisa diperkecil ukurannya.

Untuk mengecilkan ukuran PDF, maka Anda dapat menggunakan aplikasi kompres yang tersedia. Selain memberikan kemudahan, aplikasi kompres PDF berikut ini juga bisa Anda gunakan secara gratis.

iLovePDF

Anda mungkin sudah sering mendengar nama aplikasi satu ini. Hal itu karena iLovePDF memang memiliki versi online berupa website. Kini iLovePDF juga tersedia dalam bentuk aplikasi mobile.

Aplikasi iLovePDF tersedia secara gratis di Google PlayStore sehingga siapapun bisa mengunduhnya. Keunggulan iLovePDF adalah memiliki berbagai macam tools. Salah satu tools yang paling penting dalam iLovePDF adalah bisa mengecilkan file sesuai ukuran yang diinginkan.

Untuk mengkompres PDF memang gratis, namun tetap ada beberapa fitur yang berbayar. Meski begitu, biaya premium iLovePDF juga relatif murah. iLovePDF mendukung lebih dari 25 pilihan bahasa di dunia, termasuk bahasa Indonesia sehingga akan memudahkan Anda untuk menggunakannya.

PDF Compressor

Selanjutnya ada aplikasi yang bernama PDF Compressor. Sesuai dengan namanya, PDF Compressor merupakan aplikasi kompresor PDF yang sangat bermanfaat.

Aplikasi ini memang hadir khusus untuk mengecilkan ukuran file PDF. Melalui aplikasi PDF Compressor, Ada bisa memiliki sendiri kualitas PDF yang diinginkan. Kualitas yang dipilih tersebut nantinya akan berpengaruh dengan besar ukuran akhir file.

Sebagai informasi, jika di dalam file PDF terdapat gambar berwarna, maka PDF Compressor akan merubahkan menjadi hitam putih agar ukurannya berubah menjadi lebih kecil.

PDF Small

PDF Small merupakan aplikasi kompres PDF yang juga cukup populer di kalangan pengguna internet. Aplikasi ini sangat berguna untuk memperkecil ukuran dari file pDF.

Banyak yang memilih aplikasi PDF Small karena penggunaannya yang mudah. Tampilan dan fungsi di dalam PDF Small sangat sederhana dan tidak memusingkan. Terlebih aplikasi ini juga gratis, jadi sangat cocok untuk digunakan semua golongan, dari pelajar hingga karyawan.

PDF Tools

Kalau aplikasi selanjutnya ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Terdapat setidaknya lebih dari 20 fitur yang bisa Anda gunakan di dalam PDF Tools. Salah satu fitur yang tersedia tentu saja adalah untuk memperkecil ukuran PDF.

Selain fitur untuk mengecilkan ukuran, Anda juga bisa menggunakan PDF Tools untuk menambahkan watermark, memisahkan atau membagi file PDF ke beberapa halaman, dan bahkan hingga menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu file saja.

Semua hal bisa Anda lakukan hanya dengan satu aplikasi ini saja. Meski fiturnya sangat banyak dan berlimpah, tetapi PDF Tools memiliki ukuran yang kecil, yaitu hanya 6.4 MB saja sehingga sangat menghemat memori internal ponsel.

Smallpdf

Ciri khas dari aplikasi kompres PDF selanjutnya ini adalah grafis yang sederhana dan mudah dipahami oleh para penggunanya. Anda bisa mengurangi ukuran PDF dengan mudah dan cepat menggunakan Smallpdf.

Sistem yang dimiliki Smallpdf sangat canggih dan tidak akan menguras banyak prosesor di ponsel Anda. Smallpdf juga memiliki hasil kompresi yang dapat terbilang cukup baik. Kualitas hasil kompresi sangat memuaskan sehingga file masih tetap bisa terbaca dengan mudah dan tentunya tidak rusak.

Compress PDF File

Compress PDF File adalah salah satu aplikasi kompres PDF yang banyak digunakan karena praktis. Untuk mengubah ukuran PDF menjadi lebih kecil, Anda bisa melakukannya dengan gratis melalui aplikasi Compress PDF File.

Aplikasi ini membantu Anda dalam mengubah ukuran PDF dengan sangat cepat. Meski begitu, kualitas file PDF yang dikompresi dengan Compress PDF File masih akan tetap terjaga.

Setelah Compress PDF File mengkompresi ukuran file, maka aplikasi ini akan secara otomatis menyimpannya di dalam folder internal khusus Compressor. Anda jadi tidak perlu kesusahan untuk mencari file tersebut saat sedang dibutuhkan.

PDF Utils

Rekomendasi aplikasi kompres PDF di ponsel selanjutnya ini bernama PDF Utils. Aplikasi ini dapat Anda akses secara gratis. Selain untuk mengecilkan ukuran, PDF Utils juga menyediakan fitur lainnya.

Anda hanya perlu menonton setiap iklan yang muncul di dalam aplikasi. Iklan tersebut hanya bisa hilang dengan memilih opsi pembayaran. PDF Utils menjadi aplikasi yang sangat sayang untuk dilewatkan untuk Anda yang sedang mencari cara untuk mengecilkan ukuran PDF.

Free PDF Compressor

Kalau aplikasi kompres PDF selanjutnya ini hadir untuk perangkat PC. Free PDF Compressor memiliki ukuran yang sangat kecil, yakni hanya sekitar 7.3 MB saja. Menggunakan Free PDF Compressor sangat hemat kuota karena memang tidak memakan begitu banyak paket internet.

Kelebihan dari aplikasi Free PDF Compressor adalah mudah untuk digunakan. User interface dari aplikasi ini sangat sederhana dan tidak membingungkan. Alhasil, para pengguna baru juga bisa cepat beradaptasi untuk menggunakannya.

Satu hal yang menjadi kekurangan Free PDF Compressor adalah sedikit kesulitan untuk memperkecil file PDF yang memiliki gambar di dalamnya. Aplikasi ini akan membutuhkan waktu sedikit lama untuk mengecilkan ukuran PDF yang berisi gambar. Bahkan terkadang proses kompresi tidak berhasil.

Reduce PDF Size

Selanjutnya ada Reduce PDF Size yang juga merupakan aplikasi kompres PDF di platform PC dan laptop. Untuk menggunakan aplikasi Reduce PDF Size sangatlah mudah. Tampilan Reduce PDF Size yang sederhana tidak akan membuat Anda kebingungan.

Menariknya, Anda bisa melakukan kompres beberapa file PDF dalam satu waktu sekaligus atau istilahnya bulk. Hal ini tentu saja akan sangat menghemat waktu dan tenaga Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mengatur ukuran file PDF agar sesuai dengan keinginan. Ada beberapa pilihan kualitas file yang Reduce PDF Size sediakan, mulai dari Default Quality, Screen View, Low Quality atau eBook, High Quality atau Printer, dan juga yang terakhir High Quality atau Prepress.

Bagi Anda yang sedang ingin mengecilkan ukuran file PDF bisa menggunakan salah satu dari aplikasi kompres PDF tersebut. Aplikasi yang ada di dalam daftar tersedia secara gratis dan mudah untuk digunakan.

 

Check Also

Wajib Coba 3 Fitur Aplikasi Face Play yang Viral di TikTok

Wajib Coba 3 Fitur Aplikasi Face Play yang Viral di TikTok

Mungkin belakangan ini sering banyak orang yang membahas mengenai, aplikasi Face Play. Hal tersebut karena …