10 Aplikasi Game untuk Pembelajaran, No 2 Paling Populer
youtube.com

10 Aplikasi Game untuk Pembelajaran, No 2 Paling Populer

Saat ini banyak metode belajar yang bisa kamu gunakan. Bahkan, kamu bisa belajar sambil bermain. Hal ini berkat hadirnya aplikasi game untuk pembelajaran yang bisa dimainkan oleh anak-anak, siswa, maupun guru.

Seperti yang kamu tahu, metode belajar yang terlalu monoton akan membuat cepat bosan. Bahkan, dalam kebanyakan kasus, hanya sedikit materi yang bisa dipahami.

Bila terus-terusan dibiarkan, percuma saja belajar jika tidak mendapatkan ilmu sama sekali. Maka dari itulah, aplikasi satu ini memiliki peran yang sangat penting untuk menumbuhkan minat belajar.

10 Aplikasi Game untuk Pembelajaran, No 2 Paling Populer
youtube.com

Inilah 10 Aplikasi Game untuk Pembelajaran yang Bisa Kamu Gunakan

Saat ini terdapat banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan. Berikut ini beberapa rekomendasinya untuk kamu.

1. Aplikasi Seri DragonBox

Seri DragonBox merupakan aplikasi game yang dapat membantu proses belajar mengajar. Aplikasi ini membantu untuk mengetahui dasar-dasar matematika.

DragonBox ini tersedia dalam lima seri. Game matematika yang disediakan sangat mudah dan menyenangkan untuk usia anak-anak.

Selain itu, memiliki tampilan angka maupun karakter yang berwarna warni. Sayangnya, untuk bisa memainkan game ini kamu harus berlangganan terlebih dahulu.

Kisaran harganya mulai dari Rp 60 ribu sampai dengan Rp 100 ribu. Meskipun terbilang cukup mahal, game ini sangat sesuai dengan kebutuhan. Apalagi, game ini juga sangat interaktif.

2. Aplikasi Kahoot!

Aplikasi game untuk pembelajaran selanjutnya yakni Kahoot!. Kahoot! Merupakan aplikasi game pembelajaran interaktif yang sangat mudah.

Baik siswa maupun guru dapat belajar sambil seru-seruan melalui aplikasi ini. Tak heran, Kahoot! Merupakan aplikasi yang sangat populer.

Untuk pembelajaran jarak jauh, Kahoot! bisa dimanfaatkan sebagai metode belajar yang efektif. Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga menyediakan berbagai pilihan soal.

Seperti halnya soal pilihan ganda yang bisa siswa kerjakan secara online. Aplikasi ini juga memberikan kemudahan bagi para guru untuk memberikan penilaian secara langsung.

Setiap guru dapat membuat kuis melalui aplikasi ini dengan menambahkan berbagai jenis soal, alternative jawaban maupun jawaban yang benar. Semua kuis yang sudah kamu buat akan langsung tersimpan secara otomatis pada akun Kahoot! yang sudah terdaftar.

3. Aplikasi Kids Games Free – Education

Aplikasi Kids Games Free – Education merupakan game pembelajaran untuk anak usia 2-4 tahun. Kamu bisa mendapatkan game ini secara gratis melalui Play Store.

Dalam aplikasi ini menyuguhkan 10 jenis permainan pembelajaran yang sangat menarik. Mulai dari belajar notasi dalam memainkan piano, belajar angka dan warna, hingga melatih memori atau ingatan dengan mencocokkan gambar.

4. Aplikasi Educandy

Educandy merupakan game interaktif yang bisa kamu mainkan untuk proses belajar mengajar. Educandy sendiri menjadi platform game interaktif untuk mendukung pembelajaran.

Game ini sangat mudah untuk kamu mainkan, karena memiliki fitur aplikasi yang terbilang sangat lengkap. Aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi para guru yang ingin memberikan proses belajar mengajar yang efektif bagi murid-muridnya.

Para guru hanya perlu melakukan pengisian kosakata dan juga daftar pertanyaan sekaligus jawabannya. Dengan begitu, para siswa dapat memainkan aplikasi game ini secara langsung.

Tak hanya itu saja, melalui aplikasi ini banyak media maupun konten pembelajaran yang dapat kamu sajikan. Menariknya lagi, ketika guru ingin memberikan kuis melalui aplikasi ini hanya perlu memberikan kode unik yang terdapat dalam Educandy. Dengan begitu, para siswa bisa mengerjakannya secara langsung.

5. Aplikasi The Endless Kids Games

Berbicara mengenai aplikasi game untuk pembelajaran, maka The Endless Kids Games bisa jadi salah satunya. Aplikasi game ini berisikan tentang kumpulan permainan anak-anak yang terdiri dari beberapa koleksi permainan.

Seperti halnya Endless Alphabet, Endless Reader, Endless Numbers, hingga Endless Wordplay. Permainan dalam game ini sangat mudah ketika dimainkan.

Ada banyak materi yang bisa dipelajari, mulai dari mengenal huruf dan angka, membaca maupun bermain kata. Aplikasi game ini terdiri atas dua versi, gratis dan berbayar. Kamu bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan saja.

6. Aplikasi Make It

Make It merupakan salah satu aplikasi pembuat game yang menawarkan banyak pilihan permainan. Aplikasi ini juga memiliki banyak pilihan game sebagai metode pembelajaran.

Mulai dari kuis, menyamakan puzzle, tebak gambar, menggambar, menjawab pertanyaan benar atau salah, maupun permainan lainnya. selain itu, Make It ini juga bisa membantu proses pembelajaran bagi murid berkebutuhan khusus.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat menarik. selain itu juga memiliki fitur suara yang memberikan kemudahan bagi murid dengan keterbatasan pendengaran atau tuna netra.

Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini dengan mengunduhnya melalui Play Store maupun App Store. Untuk dapat masuk ke aplikasi ini hanya perlu menggunakan email saja.

7. Aplikasi Wordscapes

Wordscapes merupakan aplikasi game yang menyediakan berbagai game pilihan untuk pembelajaran. Aplikasi ini berfokus pada peningkatan kemampuan anak untuk menguasai bahasa, terutama bahasa Inggris.

Ada banyak game seru yang bisa dimainkan. Misalnya saja dengan memecahkan teka-teki silang yang berisikan sebuah kata dalam bahasa Inggris.

Selain menghibur dan mengedukasi, game ini juga cukup menantang. Pasalnya, kemampuan bahasa Inggris benar-benar diuji supaya bisa naik level. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan poin ekstra.

8. Aplikasi Quizizz: Play to Learn

Aplikasi game untuk pembelajaran yang satu ini bisa kamu akses melalui App Store maupun Play Store. Selain itu, kamu juga bisa mengaksesnya melalui website resminya www.quizizz.com.

Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk membuat tugas, ujian, ulangan, maupun pertanyaan kuis sederhana lainnya. Quizizz: Play to Learn ini memberikan proses belajar yang menyenangkan.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan para penggunanya untuk berbagi permainan yang dibuatnya kepada para pengguna lainnya. Hal ini memberikan kemungkinan yang lebih besar supaya murid dapat belajar dengan berbagai jenis topic.

9. Aplikasi Wordwall

Aplikasi Wordwall ini sangat cocok untuk digunakan oleh anak-anak SMP. Melalui aplikasi ini kamu bisa membuat sebuah kuis yang terasa seperti permainan.

Menariknya lagi, aplikasi ini mempunyai 18 jenis template permainan yang bisa kamu akses secara gratis. Permainan yang sudah kamu buat bisa kamu bagikan dengan mudah melalui Google Classroom, sosial media, maupun email. Selain itu, permainan ini juga sudah dibuat dan diunduh dalam format PDF.

10. Aplikasi Quizlet

Quizlet merupakan aplikasi game untuk pembelajaran yang dapat digunakan untuk anak-anak SMP. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat media pembelajaran dalam bentuk set-set kartu.

Tak hanya membuat kuis dalam bentuk flash card saja, kamu juga bisa membuat soal dalam bentuk pilihan ganda, mengunggah gambar, mengunggah video, maupun menambahkan pemformatan teks dan lainnya.

Aplikasi ini sangat cocok untuk mata pelajaran bahasa ataupun mata pelajaran lainnya yang menekankan penambahan kosakata atau vocabulary.

Beberapa aplikasi game untuk pembelajaran ini bisa kamu jadikan sebagai alternatif ketika malas belajar. Melalui aplikasi-aplikasi tersebut, kini kamu bisa jadi lebih semangat lagi untuk mengasah kemampuan.

 

Check Also

Wajib Coba 3 Fitur Aplikasi Face Play yang Viral di TikTok

Wajib Coba 3 Fitur Aplikasi Face Play yang Viral di TikTok

Mungkin belakangan ini sering banyak orang yang membahas mengenai, aplikasi Face Play. Hal tersebut karena …