Aplikasi Desain Grafis
Aplikasi Desain Grafis. Foto : flckr.com

10+ Rekomendasi Aplikasi Desain Grafis Terbaik, Mana Pilihanmu?

Aplikasi desain grafis banyak digunakan untuk berbagai kegiatan mulai dari pembuatan iklan, brosur, menu, banner, konten media sosial, dan sebagainya. Semua kegiatan bisnis membutuhkan seorang graphic designer.

Untuk mendapatkan berbagai desain grafis yang menarik dan unik, maka membutuhkan sebuah aplikasi desain terbaik. Membuat desain grafis, kini sudah bisa dilakukan dengan mudah, karena sudah ada berbagai aplikasi yang dapat Anda gunakan.

Aplikasi Desain Grafis
Aplikasi Desain Grafis. Foto : flckr.com

Berbagai Aplikasi Desain Grafis Terbaik

Desain grafis kini selalu dicari setiap perubahan, hal ini tidak lain karena dengan sebuah gambaran saja ada banyak orang yang tertarik dengan apa yang dipasarkan. Anda pasti pernah membeli barang karena desain backagin yang lucu, atau karena ikan yang unik?

Karena hal tersebut, tidak heran jika sebuah desain grafis memiliki nilai yang tinggi. Untuk membuatnya, kini juga tidak membutuhkan tahap yang rumit, karena sudah ada berbagai aplikasi desain grafis yang bisa Anda gunakan.

Untuk Anda yang ingin membuat desain grafis sendiri, maka Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan. Untuk membuat sebuah desain, Anda bisa memanfaatkan salah satu aplikasi yang kami berikan.

Adobe Illustrator

Aplikasi ini lebih berfokus pada desain yang fokus untuk desain vector. Dengan aplikasi ini, Anda bisa membuat makeup layout website, ikon. Ilustrasi, tipografi, poster, dan desain vector lainya. Karena aplikasi ini berbasis vektor maka sangat efektif, sebab jika diperbesar tidak akan pecah.

Jika Anda masih belajar menggunakan aplikasi ini, maka bisa memilih berbagai template yang dapat Anda gunakan dengan mudah. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan di Windows, iPad, dan MAC. Aplikasi ini berbayar, dan dapat digunakan secara legal, biayanya sebesar Rp. 396.000 perbulannya.

Adobe Indesign

Berbeda dari sebelumnya aplikasi ini dapat digunakan untuk mendesain tata letak pada media cetak atau digital. Aplikasi ini biasanya banyak digunakan oleh pekerja kreatif industri produksi. Ada dapat memanfaatkan untuk membuat buku, eBook, Poster, PDF, dan majalah.

Hasilnya dapat di import melalui berbagai format, seperti PDF, docs, PSD, JPG dan sebagainya. Jika Anda tertarik untuk menggunakanya, maka bisa memilih untuk menggunakan free trial. Jika dirasa cocok menggunakan nyamuk bisa menggunakan aplikasi ini dengan legal.

Aplikasi Adobe Indesign berbayar, harganya Rp. 395.000 perbulannya. Anda dapat menggunakannya dengan mudah, sehingga desain grafis yang Anda buat, akan semakin baik.

Adobe Photoshop

Aplikasi ini pastinya cukup familiar untuk sebagian orang. Aplikasi desain grafis resmi ini sudah digunakan lebih dari 90% kreatif professional di seluruh dunia. Photoshop adalah sebuah software berbasi bitmap yang berguna untuk mengedit foto, menggabungkan seni digital, mengganti background, dan membuat desain grafis.

Aplikasi ini bisa digunakan pada Windows dan MAC. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan pada iPad. Buka aplikasi gratis melainkan berbayar, harganya juga cukup relevan mulai dari Rp 187.000 hingga Rp. 996.000 tergantung dengan paket apa yang digunakan.

Inkscape

Aplikasi desain grafis lainya adalah inkscape, nah aplikasi ini juga berbasis vektor. Karena berbasis vektor, maka sangat cocok untuk membuat logo, ilustrasi, dan berbagai karya seni lainya. Dapat diaplikasikan pada Windows, Linux, dan MAC.

Melalui website resminya, tersedia berbagai tutorial menggunakan Inkscape. Anda bisa memberikan berbagai basic mulai dari tips dan triknya. Jadi cocok untuk Anda yang masih belajar membuat desain grafis.

Coreldraw Graphic Suite

Sama seperti sebelumnya aplikasi desain grafis juga berbasis vektor, aplikasi ini sangat cocok untuk membuat logo, brosur, poster, dan undangan pernikahan. Berbagai desain yang berbentuk viktor bisa dibuat dengan aplikasi ini.

Karena adanya viktor bisa memberikan hasil yang tampak halus, tanpa blur walau diperbesar. Selain itu, Anda juga dapat digunakan import file sesuai dengan kebutuhan, seperti AI, PDF, PSD, JPG, DWG, PNG, SVG, dan sebagainya.

Aplikasi ini tergolong aplikasi berbayar, namun memiliki free trial selama 15 hari yang dapat Anda gunakan. Cara pembeliannya ada dua, beli tahunan atau beli sekalian. Untuk biaya langganan per tahun adalah Rp 5.700.000.

Canva

Canva merupakan salah satu aplikasi desain grafis yang sangat terkenal. Selain itu, aplikasi ini juga cenderung lebih mudah dalam pengoperasiannya. Banyak orang menggunakan aplikasi ini untuk membuat CV, namun sebenarnya canva dapat dimanfaatkan menjadi berbagai desain sesuai keperluan.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara online lewat web atau mengunduh aplikasinya. Aplikasi ini dapat Anda gunakan dalam android maupun iOS. Selain itu, aplikasi ini juga gratis, namun jika Anda ingin menggunakan berbagai fitur maka Anda perlu beli yang premium.

Terdapat berbagai fitur yang canva tawarkan Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Agar lebih leluasa Anda bisa memilih untuk menggunakan paket pro 30 hari gratis.

Affinity Designer

Aplikasi ini sama seperti aplikasi desain grafis lainya, dapat Anda gunakan untuk membuat logo, UI, mockup, ikon dan sebagainya. Jika Anda terbiasa untuk menggunakan photoshop, maka akan lebih praktis jika menggunakan Affinity Designe.

Aplikasi berbayar yang bisa digunakan di Windows, MAC, dan iPad. Harganya relevan mulai dari Rp. 314.000 hingga Rp. 787.000.

Gravit Designer

Fungsinya hampir sama dengan berbagai aplikasi berbasis vektor, dapat untuk membuat ilustrasi vektor, desain UI, web, atau mengedit foto. Aplikasi ini gratis dan dapat digunakan secara online hamper di sebuah platform, selain itu juga dapat Anda gunakan secara offline dalam bentuk aplikasi.

Namun hal tersebut tentunya terbatas. Agar bisa menggunakan semua fiturnya Anda perlu berlangganan. Anda dapat berlangganan dengan harga Rp. 715.000 pertahun.

GIMP

Aplikasi desain grafis ini bisa digunakan dengan gratis, dan bisa Anda gunakan untuk retouching foto, mengubah posisi gambar, dan membuat desain baru. Anda bisa menggunakan aplikasi ini dalam Windows, Linux, dan OS X.

Sedangkan untuk PC yang tidak memiliki spesifikasi terlalu tinggi, maka Anda bisa dengan mudah mengunduh dan menginstal aplikasi ini. Anda dapat menggunakannya untuk membuat berbagai desain dengan mudah dan tidak perlu pusing lagi untuk menggunakan cara yang sulit.

Sketcha

Aplikasi  desain grafis ini sedikit unik sebab hanya dapat digunakan pada mac OS. Biasanya berguna untuk menciptakan desain produk digital, seperti situs web, flow, aplikasi, dan sebagainya. Aplikasi ini berbayar, untuk menggunakannya Anda bisa memilih salah satu dari dua paket, yaitu standar atau bisnis.

Untuk paket standar langganan  satu bulan menghabiskan Rp 128.000 sedangkan untuk langganan satu tahun sebesar Rp 1.400.000 saja.

Vectr

Dari namanya, bisa diketahui kalau aplikasi ini berbasis vektor. Untuk fungsinya masih sama seperti aplikasi lainnya. Dapat digunakan secara online melalui web atau diunduh dan digunakan dengan gratis dalam bentuk aplikasi.

Jika Anda masih asing, maka dapat gunakan user guide dan berbagai tutorial untuk menggunakanya. Dalam tutorialnya menjelaskan berbagai hal mengenai desain, jadi Anda dapat lebih leluasa untuk menggunakanya.

Dari berbagai aplikasi desain grafis yang kami berikan, adakah yang cocok dengan selera Anda? Memanfaatkan berbagai aplikasi ini, Anda dapat membuat desain sesuai keinginan, dan mendapatkan banyak keuntungan.

Check Also

Aplikasi Olahraga

7 Rekomendasi Aplikasi Olahraga, No 4 Bisa Offline!

Aplikasi olahraga yang akan kita bahas kali ini akan membantu menunjang dan memotivasi lebih sehat. …