Alasan Memilih Domain .MY.ID untuk Blog

Alasan Memilih Domain .MY.ID untuk Blog

Domain menjadi salah satu bagian terpenting dari sebuah website atau blog yang menjadikan ciri khas tersendiri dari masing-masing blog. Banyak jenis domain yang sangat populer seperti dot.com, dot.id, dot.co.id dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan domain yang unik website Kamu bisa lebih mudah di ingat orang, Kamu dapat membuat alamat situs blog lebih singkat serta lebih terlihat profesional. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa alasan mengapa domain .MY.ID sangat layak untuk digunakan.

Apa itu Domain .MY.ID?

Domain .my.id adalah domain resmi yang langsung dikelola oleh Domain Internet Indonesia, domain ini dirilis dan dikhususkan untuk personal blog, website personal, atau blog pribadi. Saat pertama kali domain .my.id di luncurkan, kita diharuskan melakukan verifikasi data identitas menggunakan KTP atau paspor agar bisa mengaktifkan domain ini pada proses pendaftaran domain.

Namun seiring perjalanan waktu, kabar baiknya sekarang verifikasi data identitas tersebut sudah tidak lagi diperlukan, pada akhirnya untuk mengaktifkan domain saat ini Kamu hanya perlu melakukan verifikasi melalui email yang masih aktif saja. Pemakaian domain MY.ID pun terus mengalami peningkatan. Satu bulan setelah diluncurkan, Pandi mencatat pendaftar domain MY.ID meningkat lebih dari 10 kali lipat, dari 207 pengguna menjadi 2.491 pengguna.. Menariknya, peningkatan itu didominasi oleh kaum milenial.

Lantas apa saja kelebihan domain MY.ID sehingga mulai banyak dilirik orang banyak?

Alasan Kenapa Memilih Domain .MY.ID

Berikut ini 4 alasan mengapa Kamu harus memakai domain MY.ID! Alasan ini hanya opini saya pribadi.

1. Harga yang Sangat Murah

Benar sekali, harga domain .my.id ini sangat murah untuk kaum milenial atau untuk Kamu yang baru memulai blogging, biaya pertahun hanya sebesar Rp.25.000.Tentu ini menjadi pilihan terbaik agar biaya pengeluaran semakin hemat.

2. Tersedia Banyak Pilihan Nama Domain

Di bandingkan dengan domain populer lainnya seperti domain .com, domain my.id memungkinkan lebih banyak ketersediaan nama unik untuk domain Kamu. Jadi bisa lebih mudah menentukan nama domain.

3. Peluang Muncul dihalaman Google Lebih Tinggi

Domain my.id adalah pilihan yang tepat buat Kamu, karena domain ini merupakan salah satu jenis domain (ccTLD), yang memungkinkan untuk meningkatkan ranking blog Kamu di halaman pencarian Google. Cocok untuk Kamu yang fokus mencari pengunjung hanya dari negara indonesia saja.

4. Akses yang Cepat

Selain berpeluang muncul di halaman pertama pencarian Google, domain .my.id memiliki akses yang cukup cepat, karena domain name-server nya berada di indonesia. Membuat performa blog Kamu semakin maksimal dan tentu pengunjung blog Kamu akan merasa puas karena akses yang mudah dan cepat. Hal ini menjadi salah satu penyebab yang dapat mempengaruhi kualitas SEO blog juga loh.

Tidak perlu takut kalah persaingan dengan domain populer lainnya, karena domain my.id lebih relevan dengan pengguna indonesia. Jadi tunggu apalagi? yuk pakai domain my.id.

Baca juga: 9 Tips Menulis Konten Blog untuk Pemula

2 comments

  1. Waktu pertama kali tahu domain. MY. ID saya kira itu domain dari negara Malaysia 😁

    Kalau target pengunjung kita dari Indonesia memang bagus domain yang ada unsur Indonesia nya. Saya pernah pakai domain.web.id yang saya beli tahun 2017 yang lalu dengan harga 50 rb/tahun. Hasil pencarian di Google Indonesia cukup baik

  2. betul bro, ekstensi ID memang jauh lebih relevan untuk target pengunjung di dalam negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.