10 Alasan Memilih Blogger.com sebagai Media Blogging
unsplash.com

10 Alasan Memilih Blogger.com sebagai Media Blogging

Alasan memilih blogger.com sebagai media blogging ada banyak sekali. Blog adalah sebuah situs yang pada umumnya berisi tentang informasi yang berbentuk tulisan yang dimuat sebagai artikel atau postingan pada halaman blog.

Sebelum memutuskan untuk membuat blog, Anda harus memilih platform blog terlebih dahulu, Banyak orang yang hendak memulai masuk ke dunia blogging kadang masih ragu untuk memilih platform blog untuk menampung tulisan yang akan mereka buat.

Mulai dari platform blog yang memberikan host gratis seperti tumblr, blogger, wattpad. Sampai yang menggunakan host mandiri sehingga bisa menginstall Content Management System (CMS) secara mandiri seperti WordPress, Joomla, Drupal dan lain sebagainnya.

Memang selain blogger.com sebenarnya masih cukup banyak layanan blogging yang disediakan secara gratis. Namun banyak di antara blogger khususnya di Indonesia lebih memilih platform blogger.com sebagai media blogging mereka.

Alasan Memilih Blogger.com Kebanyakan Blogger Indonesia

Alasan memilih blogger.com sebagai media blooging antara lain:

1. Gratis

Alasan pertama memilih blogger.com yang harus Anda ketahui adalah kita tidak perlu membeli/membayar hosting per tahunnya, dengan menggunakan blogger kita hanya perlu membeli domain saja, tentu ini sangat menghemat biaya pengeluaran dalam mengelola sebuah blog.

2. Mudah di Pahami/ Friendly

Selain itu, tampilan antarmuka blogger.com sangat mudah dipahami, cocok untuk Anda yang baru memulai ngeblog. Blogger.com juga memiliki fitur yang cukup lengkap, tutorial yang sangat berlimpah tersebar di internet, tampilan halaman yang fresh, dan kita diberi kemudahan untuk mendaftar Google AdSense. Serta aman dan terpercaya karena blogger.com merupakan salah satu layanan milik Google sendiri.

3. FullSpeed

Anda tidak perlu maragukan kecepatan hosting blogger, alasannya karena Blogger itu sendiri pemiliknya adalah Perusahaan Teknologi raksasa alias Google.

4. Bisa Custom Domain

Blogger memberikan SLD kepada penggunanya. Anda tetap bisa menggunakan domain kustom dengan menjadikan domain blogspot menjadi TLD. Sebagai contohnya blog Abbox.ID ini menggunakan hosting blogger dan menggunakan custom Top Level Domain .ID.

5. Bisa di Monetisasi

Walaupun blogger hosting gratisan, Anda tetap bisa memonetisasi blog dengan Google AdSense dan Alternatif Google AdSense lainnya.

6. Tidak Perlu Mengganti URL

Alasan memilih blogger.com, Anda juga tidak perlu lagi mengganti URL blog. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa mengkostumisasi URL postingan Anda dalam permalink.

Nah, fitur permalink ini bisa menjadikan sang penulis bisa melakukan penyesuaian alamat URL nya sendiri.

Sebab, apabila judul postingan panjang, maka URL secara otomatis akan dipotong oleh blogger menjadi lebih pendek sesuai SEO yang telah diterapkan blogger.

Dengan begitu, Anda tidak perlu merasa khawatir lagi apabila menginginkan URL postingan Anda tidak terpotong secara otomatis. Sebab, Anda bisa mengkostumisasi sesuai yang diinginkan.

7. Mudah Dikelola

Untuk Anda yang masih pemula dalam blogging, maka Anda tidak perlu merasa khawatir kebingungan mengelolanya.

Sebab, menggunakan blogger menjadikan Anda lebih mudah untuk membangun sebuah blog. Bahkan, sudah tersedia layanan country language, termasuk bahasa Indonesia.

Dalam blogger juga terdapat Control Panel yang mudah sekali dipahami. Dengan begitu,  banyak yang bisa membuat blog hanya dalam 5 menit saja. Sebab, caranya memang sangat mudah.

8. Terdapat Layanan SSL (HTTPS) Gratis

Untuk memperoleh SSL, sebelumnya harus dilakukan membeli layanan SSL (HTTPS) dengan biaya yang cukup mahal.

Menariknya, saat ini Anda bisa memakai domain (contohnya nama.com) atau menggunakan subdomain blogspot.com. Anda bisa menggunakan layanan SSL (HTTPS) secara langsung secara gratis tanpa dipungut biaya.

9. Alasan memilih Blogger.com Bebas dari Iklan

Sebagian besar aplikasi gratisan biasanya akan banyak terdapat iklan yang muncul. Akan tetapi, ini berbeda dengan blogger. Sebab, akun blogger tidak akan ada iklan.

Jika Anda menemukan blog yang berisi iklan, biasanya iklan tersebut sengaja dipasang oleh pemilik blog. Sebagai contoh Iklan dari Google Adsense.

10. Alasan Memilih Blogger.com Resmi Milik Google

Alasan selanjutnya yaitu karena Blogger merupakan produk yang resmi milik Google. Dengan menggunakan produk milik google pastinya blog Anda akan disukai oleh Google. Platform blogger.com juga termasuk platform blogger yang terkenal dan terbesar.

Dengan adanya Blogger, maka Anda bisa membuat blog maupun website pribadi dengan gratis dan itulah alasan memilih blogger.com. Sehingga, Anda bisa mendapatkan blog gratis dari Google. Baik itu untuk website pribadi maupun website untuk bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.